Sabtu, 07 July 2012 23:46

MEMBANGUN MENTAL SUKSES BERNILAI ‘IBADAH MENURUT ISLAM (Bag 3)

Oleh : 
Rate this item
(0 votes)

Oleh : Ustadz Muhammad Luthfi Zulfikar, S. Pdi.

  1. VALUE (nilai).

Tentu saja, semua yang telah kita usahakan harus memiliki nilai terbaik lagi positif. Karena, nantinya, semua hasil usaha kita itu, bukan saja hanya diri kita sendiri ataupun keluarga yang meni’matinya. Bila, kita ingin memiliki tabungan akhirat berupa pahala kebaikan atas segala hasil usaha kita itu. Nilai yang terbaik adalah, nilai yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Suatu contoh, kita membuka lahan usaha, dengan, tujuan agar dapat memberi makan orang banyak. Kita membuka sebuah restoran itu agar para customer merasa nyaman, ni’mat, dan, sehat jasmani dan rohani ketika membeli makanan di tempat kita dan pula agar orang lain pun dapat bekerja di tempat kita guna menafkahi keluarganya.

Dengan hal tersebut, maka, kita sudah termasuk ke dalam golongan orang-orang sukses yang membuat sukses orang lain juga dan pula termasuk ke dalam golongan orang-orang sukses yang memikirkan kebutuhan orang lain. Karena, hukum alamnya adalah, bila, kita memikirkan kebutuhan orang banyak agar terpenuhi, maka, orang banyak itu akan mengusahakan bagaimana agar kebutuhan kita (satu orang) terpenuhi juga. Dalam istilah lain, ”Satu melihat kepada yang banyak, Yang banyak melihat kepada yang Satu”.

Termasuk kunci nilai terbaik pula adalah Belajar-lah memunculkan sifat memberi. Karena,ketika selama kita tidak mau memberi, maka, selama itu pula kita menjadi miskin. Kenapa?? Karena, sebesar itu yang kau beri, maka, sebesar itu pula yang akan kau dapat. Modal dasar yang penting sekali adalah Kita member terlebih dahulu dan jangan pernah meminta. Karena, ketika kita memberi, maka, kita telah mendapatkan kekuatan Allaah SWT Yang Maha Pemberi. Bila, kita gemar member, maka, Allaah SWT – pun akan selalu gemar memberi kita.

Gambaran grafik nilai.

Garis Hasil/Garis Do’a.

22 juta Equalibrium/Garis Ikhlaash/Garis Hukum Tuhan.

20 Juta

18 Juta

16 Juta

14 Juta

12 Juta

10 Juta

8 Juta

6 Juta

4 Juta

2 Juta

1 Jt    2Jt   3Jt     4Jt   5Jt    6Jt   7Jt    8Jt    9Jt   10Jt   11Jt

Garis Jasa/Garis Usaha/Garis Memberi.

InsyaAllaah, gambaran di atas menunjukkan, bila, kita memberi Rp 1,000,000,- (lihat garis Jasa/Usaha/Memberi), maka, kita akan mendapatkan Rp 2,000,000,- (lihat Garis Hasil/Do’a). Dengan rasionalisasinya adalah dalam dalil naqli, bahwa, balasan kebaikan adalah kebaikan yang serupa pula, ”Fa jazaa-u hasanatin hasanatun mitsluhaa”. Dan, keterangan lain di dalam Al-Qur’an menyebutkan bahwa satu kebaikan akan di lipat gandakan oleh Allaah SWT balasan dari kebaikannya.

Jadi, hal ini menunjukkan bahwa, Allaah SWT – pun telah menetapkan hukum duniawi, yaitu, tidak ada perbuatan yang ganjarannya adalah gratis. Allaah SWT telah menetapkan bahwa segala perbuatan ada balasannya baik kebaikan maupun keburukan walaupun sebesar biji jagung, “Fa man ya’amal mitsqoola dzarrotin khoiroy yarohu”. “Wa man ya’mal mitsqoola dzarrotin syarroy yarohu”. “Maka, Barang siapa yang (selalu istiqomah) mengerjakan kebaikan sebesar biji jagung dia akan melihatnya”, “Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan sebesar biji jagung, dia, akan melihatnya”.

 

Read 628 times Last modified on Senin, 08 July 2013 12:05
Redaksi

Twitter: @attabayyun & Fb: attabayyun
email: Redaksi@attabayyun.com

Website: attabayyun.com