BREAKING NEWS

7 Pesantren Termewah di Indonesia Featured

attabayyun.com.jakarta-

7 Pesantren Termewah di Indonesia

 

1. Pesantre Mahad Al-Zaytun

7 Pesantren Termewah di Indonesia

Pesantren al-zaytun berada di jawabarat, kabupaten indramayu, kecamatan heurgelis, dengan luas kampus hampir 2000 hektar, dan berpenghuni ribuan orang, pondok pesantren ini dipimpin oleh AS Panji Gumilang, pesantren al-zaytun adalah pesantren termegah di asia tenggara, dan di pesantren al-zaytun semua fasilitas tergolong sangat lengkap dan memadai, mulai dari asrama, ruang pembelajaran, area olahraga, kantin, hotel, hiburan, pertenakan, perkebunan dll.

2. Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah

7 Pesantren Termewah di Indonesia

Pondok pesantren ini adalah pesantren yang menurut saya bangunan arsitekturnya sangat unik dan terbilang sangat modern,Pondok Pesantren tersebut konon mulai dibangun pada tahun 1978 oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau yang akrab disapa Romo Kiai Ahmad. Bangunan utama pondok dan masjid tersebut sudah mencapai 10 lantai, tingkat 1 sampai dengan 4 digunakan sebagai tempat kegiatan para Santri Pondokan, lantai 6 seperti ruang keluarga, sedangkan lantai 5, 7, 8 terdapat toko-toko kecil yang di kelola oleh para Santriwati (Santri Wanita), berbagai macam makanan ringan dijual dengan harga murah, selain itu ada juga barang-barang yang dijual berupa pakaian Sarung, Sajadah, Jilbab, Tasbih dan sebagainya.Tak hanya unik, di dalam pondok pesesantren tersebut juga tersedia kolam renang, dilengkapi perahu yang hanya khusus untuk dinaiki wisatawan anak-anak. Di dalam komplek pondok pesesantren itu juga terdapat berbagai jenis binatang seperti Kijang, Monyet, Kelinci, aneka jenis Ayam dan Burung.

Baca Juga :  24 Situs Luar Biasa Untuk Mempelajari Sesuatu Hal yang Baru

3. Pondok Pesantren Gontor

7 Pesantren Termewah di Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan pesantren ini, mungkin pesantren gontor adalah icon dari pesantren idonesia, pondok pesantren Gontor didirikan pada 10 April 1926 di Ponorogo, Jawa Timur oleh tiga bersaudara putra Kiai Santoso Anom Besari. Tiga bersaudara ini adalah KH Ahmad Sahal, KH Zainudin Fananie, dan KH Imam Imam Zarkasy dan yang kemudian dikenal dengan istilah Trimurti, pondok pesantren gontor adalah pondok pesantren dengan pelopor pondok pesantren modern di indonesia, dan pesantren ini juga terkenal dengan kedisiplinannya, selain itu fasilitas di pesantren ini tergolong mewah, dan bahkan tempat putra dan putri di buatkan khusus di wilayah berbeda.

4. Pesaantren El-Qolam

7 Pesantren Termewah di Indonesia

Pondok Pesantren Daar el-Qolam (معهد دار القلم للتربية الإسلامية) adalah sebuah pondok pesantren berlokasi di Desa Pasir Gintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Propinsi Banten yang didirikan pada tanggal 20 Januari 1968. Pesantren ini adalah gagasan Haji Qasad Mansyur yang direalisasikan oleh Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief (1942-1997). Setelah K.H. Ahmad Rifa’i Arief meninggal dunia pada tanggal 15 Juni 1997, pondok ini dilanjutkan oleh K.H. Drs. Ahmad Syahiduddin, K.H. Adrian Mafatihullah Karim dan Hj. Enah Huwaenah. Hingga Maret 2009, Pondok Pesantren Daar el-Qolam merupakan pondok pesantren terbesar sedaerah Banten, dengan jumlah santri 4298 jiwa.

Baca Juga :  Orang ini Dibalik Kesuksesan Jokowi dan Obama Menjadi Presiden

5. Pesantren Darunnajah

7 Pesantren Termewah di Indonesia

Pada tahun 1942 K.H. Abdul Manaf Mukhayyar mempunyai sekolah Madrasah Al-Islamiyah di Petunduhan Palmerah. Tahun 1959 tanah dan madrasah tersebut digusur untuk perluasan komplek Perkampungan Olah Raga Sea Games, yang sekarang dikenal dengan komplek Olah Raga Senayan. Untuk melanjutkan cita-citanya, maka diusahakanlah tanah di Ulujami.

Tahun 1960, didirikan Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Islam (YKMI), dengan tujuan agar di atas tanah tersebut didirikan pesantren. Periode inilah yang disebut dengan periode cikal bakal, sebagai modal pertama berdirinya Pondok Pesantren Darunnajah, dan seiiring berjalannya waktu pesantren ini terus berkembang dan melakukan pembangunan.

6. Pesantren Langitan

7 Pesantren Termewah di Indonesia

Pondok Pesantren Langitan adalah salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Berdirinya lembaga ini jauh sebelum Indonesia merdeka yaitu tepatnya pada tahun 1852, di Dusun Mandungan, Desa Widang, Kecamatan Widang, Tuban, Jawa Timur. Komplek Pondok Pesantren Langitan terletak di samping bengawan Solo dan berada di atas areal tanah seluas kurang lebih 7 hektar.

7. Pondok Pesantren Daarul Qur’an

7 Pesantren Termewah di Indonesia

Pesantren daarul qur’an adalah pesantren dengan mempusatkan pendidikan tentang al-quran pimpinan pesantren ini adalah seorang dai kondang indonesia yaitu Ustadz yusuf mansur, meski pesantren ini tergolong baru tapi fasilitas yang di sediakan cukup layak.

 

About Author