BREAKING NEWS
Masjid Assalam, Jawaban Bagi Muslim Nantes

Masjid Assalam, Jawaban Bagi Muslim Nantes Featured

Attabayyun.com-Jakarta- Pada bagian interior Masjid Assalam Nantes terlihat bentuk mihrab yang memikat. Bagian mihrab masjid ini berbentuk cekungan kecil pada bagian terdepannya. Letaknya di posisi tengah. Berdampingan dengan posisi cekungan terdapat mimbar imam. Bagian mimbar ini justru berbentuk cembung. Pada bagian ini, hiasan kaligrafi berbahasa Arab terlihat sangat dominan. Tulisan kaligrafi berwarna cokelat itu menghiasi warna dinding masjid yang disirami warna putih susu.

Hiasan kaligrafi ini juga terlihat mendominasi bagian balokan cincin yang berperan sebagai penopang kubah. Balokan penopang itu berbentuk kotak. Sedangkan, pada bagian kubahnya dihiasi pula oleh ornamen geometris dengan pilihan satu warna yang tersaji serasi dengan bagian interior. Lalu, menggelantung dari atas kubah itu sebuah lampu yang semakin mempercantik tampilan interior masjid.

Masjid ini mampu menampung jamaah hingga 6.000 orang. Bila perlu, jamaah dapat pula menggunakan lantai mezanin atau ruang balkon.

Sedangkan, pada bagian utama, terdapat pula tiang pilar berbentuk bulat. Untuk menghiasi tiang ini dihadirkan keramik Turki yang sarat dengan hiasannya yang cerah. Pada bagian tengah dari tiang pilar tersebut dibuat tempat yang dapat digunakan untuk menaruh Alquran. Materialnya terbuat dari kayu. Sebagai penghubung antarpilar tersebut disajikan bentuk melengkung. Lengkungan semacam ini menjadi identitas khas dari gaya arsitektur Islami peninggalan bangsa Moor yang ada di Spanyol. 

Dengan keragaman yang menghiasi konsep arsitektur masjid ini, tak salah kiranya jika Anda berkesempatan melancong ke Nantes, sempatkanlah waktu untuk beribadah di tempat ini. Dengan singgah ke tempat ini, Anda akan bisa menemukan suasana berbeda dari pakem bangunan masjid yang ada selama ini.

000

About Author