BREAKING NEWS
Jumlah Karpet dan Negara Pembuat Karpet Masjid al-Haram

Jumlah Karpet dan Negara Pembuat Karpet Masjid al-Haram Featured

Attabayyun.com-Jakarta- Badan Takmir Masjid Nabawi dan Madinah memiliki tugas utama dalam urusan kebersihan dan alas lantai Masjid al-Haram, Makkah:

Badan ini bertugas mengawasi langsung layanan karpet Masjid al-Haram secara keseluruhan mulai dari pembersihan dan pemberian aroma wangi pada karpet tersebut, termasuk penggantian unit karpet yang sudah rusak. Di samping penggantian seluruh karpet lima kali dalam setahun.

Direktur Unit Kebersihan Lantai Masjid al-Haram, Ir Muhammad bin Sulaiman al-Waqdani, mengungkapkan perkembangan layanan karpet di Masjid al-Haram, telah melewati sejumlah fase dalam sejarah. Baik dari segi produksi, kualitas, dan kerjasama dengan perusahan-perusahan terbaik dunia.

Fase yang pertama (1402 H-1409 H), karpet didatangkan dari Belgia dengan warna dasar merah. Fase yang kedua (1409 H-1416 H) karpet-karpet didatangkan dari Jerman dengan warna merah.

Fase ketiga (1416 H-1420 H), karpet didatangkan dari Lebanon. Fase keempat (1420 H-1434 H), karpet dihasilkan oleh perusahan lokal, Arab Saudi menggunakan warna dominan merah.

Sedangkan fase yang keempat (1434 hingga sekarang), karpet masih berasal dari perusahan lokal Arab Saudi, warna dominan yang dipakai adalah hijau.

Karpet buatan lokal dinilai laik karena berkualitas ekpor dengan jaminan mutu internasional. Lalu, berapakah jumlah potong karpet yang dipasang di Masjid al-Haram?

“Baik di halaman dalam atau pelataran luar jumlah karpet Masjid al-Haram kurang lebih 25 ribu buah,” kata al-Waqdani, seperti dilansir dari alarabiya.net. 

About Author

Related items