Redaksi

Redaksi

Wednesday, 30 August 2017 00:00

Wasiat Terakhir Rasulullah

Attabayyun.com-Jakarta- Secara formal, ibadah haji yang telah ada sejak Nabi Ibrahim AS, diwajibkan kepada Nabi Muhammad SAW pada 6 Hijriyah. Namun, beliau dan sahabat-sahabatnya belum bisa melaksanakannya karena Makkah masih dikuasai kaum musyrik.

Wednesday, 30 August 2017 00:00

Membawa Anak Saat Shalat Ied, Perlukah?

Attabyyun.com-Jakarta- Beberapa hari lagi umat Islam akan memasuki hari raya Idul Adha, pada pagi hari mereka akan melakukan shalat ied. Bagi mereka yang memiliki anak, perlukah untuk membawanya turut shalat bersama di masjid?

Wednesday, 30 August 2017 00:00

Masjid-Masjid Bersejarah di Yerusalem

Attabayyun.com-Jakarta- Tak hanya Masjid al-Aqsha, Yerusalem mewariskan banyak masjid bersejarah. Pembangunan masjid di Palestina secara umum mulai digalakkan oleh khalifah Umar bin Khattab pascapenaklukan kota suci tiga agama samawi tersebut pada 15 H/636 M. Masjid mulai berdiri di sejumlah kota, di antaranya, Caesarea, Sebastia, Jaffa, dan Ajnadayn. 

Wednesday, 30 August 2017 00:00

Masjid Vogosca, Ikon Kebanggaan Muslim Bosnia

Attabayyun.com-Jakarta- Bagai suatu penyegaran arsitektur di kota tua Sarajevo yang berselimut sejarah. Masjid Vogosca, atau dalam bahasa lokal dikenal Dzamija Vogosci, merupakan masjid kebanggaan Muslim di area kota satelit, Vogosca. Kota Vogosca merupakan wilayah penyangga, sekitar enam kilometer utara Kota Sarajevo. Vogosca meliputi 72 kilometer persegi, bersebelahan dengan Hotonj, wilayah suburban lain di sekitar Kota Sarajevo.

Wednesday, 30 August 2017 00:00

Hukum Mabit di Mina Jadid

Attabayyun.com-Jakarta- Setelah beberapa waktu lalu 2 anggota tim sepeda muslim Inggris berhasil mencapai Kairo, kini delapan orang dari tim tersebut sudah berhasil mencapai Madinah untuk melaksanakan haji.

Mereka menjadi orang Inggris pertama yang melakukan perjalanan haji dengan sepeda dari Inggris. Tim yang dikenal sebagai “Hajj Riders” – mencapai kota suci Madinah dalam waktu kurang dari enam minggu sebagai bagian dari tantangan amal untuk mengumpulkan uang untuk bantuan medis di Suriah serta anak-anak yang tidak mampu di Bangladesh dan Pakistan.

Sesampainya di masjid Nabawi, mereka begitu emosional dan dikerumuni banyak orang untuk menyambut mereka. Mereka di Arab Saudi dibantu oleh kelompok bersepeda lokal Saudi Cyclists dan Taibah Cyclists, yang membantu mereka mengatasi hambatan yang mereka hadapi.

Mohammed Ehsaan, salah satu dari delapan pengendara sepeda, mengatakan “kata-kata tidak bisa menggambarkan perasaan saya,” Ilmfeed melaporkan pada hari Ahad 20 Agustus.

 

Karena masalah visa, tim tersebut juga harus meninggalkan rencana awal mereka untuk naik feri dari Hurghada di Mesir dan bersepeda di sepanjang pantai Saudi ke Madinah. Sebagai gantinya, kelompok tersebut terpaksa terbang dari Mesir ke Jeddah, selanjutnya dari Jeddah mereka melanjutkan perjalanan dengan bersepeda lagi ke Madinah.

 

Setelah sampai di Madinah, tim sepeda muslim ini akan beristirahat sebentar sebelum bersiap untuk ibadah haji yang akan dimulai pada akhir Agustus.

Attabayyun.com-Jakarta- Seluruh jamaah haji Indonesia di Madinah sudah diberangkatkan ke Makkah, Ahad (20/8). Jamaah paling terakhir diberangkatkan pada pukul 12.00 waktu setempat.

Wednesday, 23 August 2017 00:00

Rumah Zakat Resmikan Jembatan Berdaya

Attabayyun.com-Jakarta- Rumah Zakat meresmikan Jembatan Berdaya yang menghubungkan Desa Gunasari dan Desa Baginda di Sumedang Selatan. akhir pekan lalu. ''Jembatan ini bukan saja jadi penghubung desa kami dengan Desa Baginda, tapi juga menjadi wahana wisata bagi warga. Setiap sore, warga dan anak-anak banyak yang berkumpul untuk foto ataupun main-main di sekitar jembatan,''ungkap Kepala Desa Gunasari Dadang Subarbas, Senin (21/8).

Jembatan sepanjang 140 meter ini merupakan persembahan donatur Rumah Zakat yang berdonasi melalui program Jembatan Berdaya. ''Kami memberi nama Jembatan Berdaya karena berharap jembatan ini membantu memberdayakan warga kedua desa yang terhubung,''jelas Chief Program Officer Rumah Zakat Noor Yahya Muhammad.

Rumah Zakat berencana akan membangun kembali Jembatan Berdaya di daerah lainnya di tahun 2017 ini bekerjasama dengan Vertical Rescue. ''Kami menargetkan bisa membangun minimal 10 jembatan lagi hingga akhir tahun 2017. Sudah ada beberapa wilayah yang menjadi target diantaranya Lampung dan Banten,''tutur Yahya.

Jembatan  berdaya tak hanya sebagai akses jalan, tapi juga akses perekonomian dan pendidikan. Dengan adanya jembatan berdaya, anak-anak dari Desa Gunasari yang bersekolah di SDN Baginda tak perlu berbasah-basahan lagi saat berangkat dan pulang sekolah. ''Biasanya anak-anak dari Desa Gunasari berangkat sekolah diantar orang tuanya. Mereka digendong dipundak orang tuanya untuk menyebrang. Dan pulangnya dijemput lagi. Alhamdulillah, dengan adanya Jembatan Berdaya ini, siswa-siswa kami bisa berangkat dan pulang dengan lebih mudah,'' ujar Kepala Sekolah SDN Baginda 2, Erat.

Attabayyun.com-Jakarta- Polda Metro Jaya meluncurkan program operasi pasar murah yang akan berlangsung selama 10 hari, sejak hari ini, Senin (21/8). Program ini dilakukan untuk untuk menjaga stabilitas harga sembako menjelang hari raya Idul Adha 2017.

Friday, 18 August 2017 00:00

Menguak Sejarah Nabi Musa a.s.

Attabayyun.com-Jakarta- Berbagai upaya dilakukan untuk menguak sejarah Nabi Musa. Bagaimanapun, Musa AS adalah sosok nabi yang mendapat tempat berharga dalam sejarah tiga agama samawi, yaitu Yahudi, Kristen, dan Islam. Musa diperintahkan berdakwah dan memimpin Bani Israel bersama saudaranya Harun. Selain itu, Musa AS juga mempunyai misi untuk menegakkan tauhid kepada penguasa Mesir ketika itu, yakni Firaun. Berikut ini beberapa jejak Nabi Musa yang bisa ditelusuri hingga saat ini.

Page 1 of 8