Sembelih Hewan Qurban, Ini Dia Waktunya - Foto by Google Sembelih Hewan Qurban, Ini Dia Waktunya - Foto by Google

Sembelih Hewan Qurban, Ini Dia Waktunya

Attabayyun.com-Jakarta- Hanya tinggal beberapa pekan lagi, kita akan bertemu dengan hari Idul Adha. Di mana hari itu seluruh umat Muslim di dunia ini, menyembelih hewan yang diqurbankan. Hewan qurban itu merupakan pemberian dari orang-orang yang mampu dan mau untuk melaksanakan salah satu ibadah yang satu ini.

Nah, jika Anda termasuk orang yang mampu, maka sangat memalukan sekali jika Anda tidak berqurban. Bukan hanya malu pada Allah SWT, pada orang lain pun demikian. Oleh karena itu, selagi masih ada kesempatan, berqurbanlah. Dan siapkan hewan terbaik Anda, yang nantinya akan disembelih saat Idul Adha. Tapi, kapan waktu penyembelihannya?

Waktu menyembelih hewan qurban adalah pagi hari Idul Adha setelah shalat Idul Adha. Jadi, penyembelihan hewan qurban sebelum shalat Idul Adha itu tidak sah.

 

Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa menyembelih sebelum shalat (Idul Adha) maka ia menyembelih untuk dirinya sendiri dan barangsiapa menyembelihnya sesudah shalat (Idul Adha) maka hewan qurbannya sempurna dan mengikuti sunnah kaum Muslimin,” (Diriwayatkan Al-Bukhari).

Adapun penyembelihan hewan qurban sesudah shalat Idul Adha, maka boleh ditunda hingga hari kedua atau ketiga setelah Idul Adha. Karena diriwayatkan bahwa semua hari-hari tasyrik adalah hari-hari penyembelihan hewan qurban (Diriwayatkan Ahmad. Hadis ini mempunyai catatan, namun terdapat atsar dari Ali bin Abu Thalib, Ibnu Abbas, dan lain-lain yang menguatkannya. Imam Malik dan Abu Hanifah berkata dan hadis ini diriwayatkan dari Umar dan anaknya, “Penyembelihan hewan qurban tidak boleh ditunda setelah tiga hari Idul Adha.”).