Bandara King Abdul Aziz - Foto By Google Bandara King Abdul Aziz - Foto By Google

1,4 Juta Jamaah Calon Haji Mulai Masuki Tanah Suci

Attabayyun.com-Jakarta- Terminal Haji  Bandara Internasional  King Abdulaziz di Jeddah dan Bandara Internasional Pangeran Muhammad di Madinah telah menyelesaikan semua persiapan untuk menerima jamaah calon haji  yang akan mulai tiba di bandara tersebut sejak Kamis ini  (1 Dzulkaidah),  hari pertama musim haji 2016. 

Untuk periode kedatangan dua setengah bulan, bandara diharapkan mampu menerima sekitar 1,4 juta jamaah haji dari seluruh dunia. Lebih dari 7.000 staf, yang mewakili 27 instansi pemerintah maupun swasta, akan terlibat dalam pelaksanaan jamaah calon haji.

Menurut rencana, semua lounge terminal haji akan diubah menjadi lounge kedatangan dari 1 Zulkaidah 1 sampai 4 Zulhijjah (4 Agustus- 5September ) dan lounge keberangkatan dari 16 Zulhijjah hingga 15 Muharram (17 September - 16 Oktober).

Penerbangan pertama yang membawa jamaah  dari New Delhi  (India) mendarat pukul 05.30 di bandara Madinah. Sebanyak 136.020 JCH India akan menunaikan haji tahun ini.

Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA), berkoordinasi dengan Kementerian Haji dan Umrah dan lembaga lainnya, telah menyiapkan rencana sejalan dengan arahan dari pimpinan Saudi, untuk jalur cepat prosedur kedatangan dengan mengambil keuntungan dari e sistem-track.

Setelah tiba di terminal, petugas dari Kementerian Kesehatan akan menerima jamaah dan memberi mereka menerima panduan dan layanan kesehatan yang diperlukan, dan kemudian mereka akan melanjutkan ke bagian Kontrol Paspor untuk menyelesaikan prosedur imigrasi.

Terminal haji Jeddah ini cukup luas, memiliki  area  90.000 meter persegi yang ditutupi atap dan 160.000 meter persegi merupakan ruang  terbuka. Ada 142 counter untuk Paspor (Jawazat) dan 120 counter dari Kementerian Haji.

Di bandara Madinah, pejabat pemerintah dan swasta  yang melayani jamaah sudah siap menerima jamaah dan memulai semua jenis pelayanan untuk para tamu Allah. Diharapkan bandara ini akan menerima total 2.678 penerbangan haji, meningkat lima persen dari tahun lalu.

Sementara itu, Emir Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal, yang juga penasihat Pelayan Dua Masjid Suci dan ketua Komite Haji Pusat, bertemu Menteri Haji Muhammad Saleh Bantan di kantornya di Jeddah pada hari Selasa.

Bandara Internasional Pangeran Muhammad di Madinah akan menerima total 2.678 penerbangan haji, meningkat  lima persen dari tahun lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Pangeran Khaled menyampaikan penjelasan tentang fase kedua dari sistem e-track dan e-ring  untuk jamaah dan sistem GPS untuk bus jamaah.

Sumber : riaupos.co