Masih Malas Shalat? Cobalah Atasi dengan 3 Cara Ini - Foto by Google Masih Malas Shalat? Cobalah Atasi dengan 3 Cara Ini - Foto by Google

Masih Malas Shalat? Cobalah Atasi dengan 3 Cara Ini Featured

Attabayyun.com-Jakarta- Shalat merupakan kewajiban bagi umat muslim, khususnya yang sudah baligh. Namanya kewajiban, tentu akan berdosa jika ditinggalkan. Oleh sebab itu, jangan pernah sekali-kali kita meninggalkan kewajiban itu. Daripada suatu saat nanti Anda akan menyesal karena melakukan hal yang merugikan diri Anda sendiri.

Hanya saja, tak sedikit orang yang masih malas dalam melaksanakan perintah yang satu ini. Padahal, perintah shalat ini ditujukan demi kebaikan dirinya sendiri. Di mana waktu shalat merupakan waktu yang pas bagi kita mengadukan diri pada Allah SWT. Jika sudah malas melanda, bagaimana solusinya?

1. Tanamkan Niat yang Kuat di Dalam Hati

Segala sesuatu bisa terjadi karena adanya suatu niat yang kuat, baik itu perbuatan positif atau negatif. Contoh sederhananya ketika Anda akan mengerjakan ibadah yang wajib dikerjakan oleh umat muslim niatkan di dalam hati Anda ingin melakukan ibadah itu agar mendapatkan ridha dari sisi Allah Yang Maha Esa.

Dan bila Anda meninggalkannya, yakini bahwa meninggalkan ibadah wajib akan mendapat dosa serta siksa yang sangat berat kelak di akhirat nanti. Dengan melakukan itu, Anda akan kembali bersemangat dalam melakukan ibadah apapun.

2. Imbangi dengan Kebiasaan Positif

 

“Seseorang menjadi bisa karena terbiasa,” pepatah itu mungkin sangat cocok untuk menggambarkan faktor keberhasilan seseorang dalam melakukan sesuatu. Jika kamu seorang lelaki maka lakukan sebuah kebiasaan untuk selalu shalat di masjid atau di mushala terdekat dari rumah. Lama-kelamaan kebiasaan ini akan tertanam kuat di dalam diri Anda sehingga akan terasa aneh bila Anda tidak mengerjakan shalat berjama’ah di masjid.

3. Jangan Menunda-nunda Waktu Shalat

Bila Anda telah mendengar suara adzan maka tinggalkanlah semua aktivitas dan segeralah menuju ke masjid terdekat untuk melakukan shalat berjama’ah. Jangan menunda-nunda karena alasan sedang sibuk atau sedang tanggung karena pekerjaan Anda tinggal sedikit lagi selesai. Sebenarnya alasan-alasan itulah yang membuat Anda menjadi seorang pemalas dalam mengerjakan ibadah.

Segeralah melakukan shalat apabila sudah mendengar suara adzan. Sehingga hati dan pikiran Anda akan merasa tenang. Pekerjaan Anda pun akan cepat terselesaikan dengan baik karena mendapatkan banyak inspirasi setelah melakukan shalat.

Maka, sudahi segera rasa malas yang kini bersarang pada diri Anda. Jangan biarkan rasa malas terus menguasai Anda. Hilangkanlah dan berusahalah menjadi hamba terbaik Allah SWT. Meski kita tahu, kita bukanlah makhluk sempurna, setidaknya jangan nodai diri kita dengan terus saja berulah tidak baik terhadap apa yang diperintahkan oleh-Nya. []

Sumber: sarungpreneur.com