Areal Thawaf Makin Lapang, Jemaah Umrah Dibuat Takjub - Foto by Google Areal Thawaf Makin Lapang, Jemaah Umrah Dibuat Takjub - Foto by Google

Areal Thawaf Makin Lapang, Jemaah Umrah Dibuat Takjub Featured

Attabayyun.com-Jakarta- Proyek perluasan mataf Masjidil Haram membuat sejumlah jemaah umrah takjub. Ini lantaran area mataf kini tidak lagi sesak, jauh berbeda dibandingkan tahun lalu.

Seorang warga Pakistan, Mohammad Alam, yang tengah menjalankan umrah mengatakan proyek tersebut membawa dampak yang sangat besar. Dia bahkan tidak membayangkan mataf akan jadi seluas seperti sekarang, yang membuat dia dan para jemaah merasa nyaman beribadah.

Awalnya Alam tidak berharap dapat menjalankan thawaf dengan nyaman tanpa harus berdesak-desakan. Namun dia kaget begitu melihat mataf ka'bah yang kini sudah banyak berubah.

"Ibu saya yang sudah tua saja bahkan tidak lagi kelelahan karena sejumlah fasilitas yang disediakan di Masjidil Haram," ucap Alam.

"Saya akan memberitahu semua orang di negara saya tentang pengalaman kami dan pesan kerajaan untuk melayani para Muslim," kata dia.

Jemaah umrah asal Yaman Hussein Maloub menceritakan pengalaman yang sama. Dia memberikan apresiasi positif pada kebijakan kerajaan Saudi yang memutuskan melakukan perluasan tersebut.

"Kami berterima kasih kepada pemimpin dan pemerintah Saudi atas peningkatan sejumlah fasilitas bagi jemaah," tutur Maloub.

Sebagian besar bagian dari jembatan mataf telah selesai dibongkar. Pembongkaran tersebut berdampak pada semakin meluasnya area mataf yang bisa digunakan para jemaah untuk menjalankan thawaf.

Sebanyak 30.000 jemaah dapat menjalankan thawaf setiap satu jam. Sementara itu, area mataf dapat menampung sebanyak 105.000 jemaah per jam setelah selesainya pembongkaran jembatan.

Sumber: arabnews.com