RI Mau Bank Infrastruktur Islam Terbentuk Tahun Ini, Turki? RI Mau Bank Infrastruktur Islam Terbentuk Tahun Ini, Turki?

RI Mau Bank Infrastruktur Islam Terbentuk Tahun Ini, Turki? Featured

Attabayyun.com-Jakarta- - Turki dan Indonesia sedang mematangkan konsep mega bank pembiayaan infrastruktur Islam atau Islamic Infrastructure Bank. Pemerintah Indonesia pun mengisyaratkan pembangunan bank tersebut terwujud tahun ini.

"Mudah-mudahan tahun ini bisa diwujudkan. Modelnya nanti Indonesia dan Turki yang lead," kata Menteri Keuangan, Bambang P. S. Brodjonegoro, usai acara konferensi pers penutupan sidang "41th Annual Meeting Islamic Development Bank Group" di Jakarta, Kamis 19 Mei 2016.

Sementara itu, Deputi Bidang Ekonomi Perdana Menteri Turki, Mehmet Simsek, menegaskan hingga kini belum ada keputusan tentang pembentukan bank tersebut.

"Keputusan akan segera dibuat dengan harapan kedua negara ini segera mengambil langkah-langkah untuk membentuk bank (infastruktur itu)," kata Simsek dalam sidang tahunan IDB, dilansir dari Daily Sabah, Jumat 20 Mei 2016.

Sebelumnya, Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (JK), mengaku telah bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, untuk membahas pembentukan megabank yang dikolaborasikan dengan Islamic Development Bank ini. JK pun berharap agar bank tersebut lekas terbentuk.

"Indonesia sebagai negara Islam yang penduduknya besar, akan punya harapan yang besar dalam pengalaman yang ada, tentu akan sangat berharap pembangunan bank tersebut akan terlaksana," kata JK dalam Opening Ceremony "41th Annual Meeting Islamic Development Bank (IDB) Group" di Jakarta, Selasa malam 17 Mei 2016.

Sumber : Dream.co.id