BREAKING NEWS
Istimewa Istimewa

Keistimewaan Hari Jumat

Attabayyun.com-Jakarta- Jum’at termasuk hari yang dimuliakan dalam Islam. Ada banyak keutamaan dan manfaat jika beramal pada hari tersebut. Karenanya, Rasulullah SAW menyuruh umatnya memperbanyak ibadah dan melakukan amalan sunnah di hari Jum’at.

Di antara amalan sunnah yang bisa dilakukan ialah mandi, sikat gigi, memakai wangi-wangian, memakai pakaian yang bagus ketika shalat Jum’at, memperbanyak shalat sunnah, mendengar khutbah sampai selesai.

Rasulullah SAW bersabda:

”Siapa yang mandi hari Jum’at, sikat gigi, memakai parfum, dan memakai pakaian paling bagus yang dimilikinya, pergi shalat Jum’at dan tidak melangkahi bahu orang, kemudian shalat sunnah dan mendengarkan khutbah sampai selesai, serta tidak berbicara, maka diampuni dosa antara Jum’at itu dan Jum’at sebelumnya” (HR: Ahmad)

Rasulullah SAW menjelaskan, orang yang mengerjakan amalan sunnah, seperti mandi Jum’at, sikat gigi, memakai parfum, dan pakaian bagus untuk shalat Jum’at, Allah akan mengampuni dosanya. Tidak hanya dosa yang dilakukan pada hari itu, tetapi juga dosa-dosa pada jum’at sebelumnya.

Perlu dicacat, dosa yang diampuni adalah dosa-dosa kecil, bukan dosa besar. Sebab dosa besar akan diampuni dengan jalan pertaubatan.