BREAKING NEWS
Kue "ratih" Menu Khas Lebaran Sambas - Foto by Google Kue "ratih" Menu Khas Lebaran Sambas - Foto by Google

Kue "ratih" Menu Khas Lebaran Sambas Featured

Attabayyun.com-Jakarta- Kue "ratih" atau makanan yang berbahan dasar padi dan gula kelapa masih menjadi hidangan khas masyarakat Melayu Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat dalam menjamu tamunya saat merayakan Lebaran di kabupaten itu.

Kue ratih sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu oleh sebagian besar masyarakat Melayu di Sambas, dan selalu dihidangkan pada Perayaan Lebaran. Untuk membuat kue ratih juga tidak terlalu sulit, cukup menyediakan padi dan gula kelapa atau gula tebu.

Adapun cara membuat kue ratih, yakni padi secukupnya, lalu diaduk dalam kuali yang sudah dipanaskan, hingga padi tersebut mengembang seperti pop corn. Kemudian padi yang sudah menjadi pop corn tersebut sesudah dipisahkan dengan kulit padinya, lalu ditumbuh atau diblender hingga halus.

Setelah itu, gula kelapa dipanaskan hingga mencair, lalu disiramkan ke padi pop corn yang sudah dihaluskan, kemudian diaduk hingga merata, setelah itu dimasukkan ke tempat yang bentuknya sesuai keinginan kita, dan kue ratih sudah siap dihidangkan, yang rasanya gurih dan manis.

Selain kue ratih, sebagian besar masyarakat juga menghidangkan aneka kue kering, dan kue lapis, seperti lapis perancis, lapis susu, kacang dan lain sebagainya.

About Author

Related items