MUI: Syiarkan Islam dengan Dakwah yang Mendidik MUI: Syiarkan Islam dengan Dakwah yang Mendidik

MUI: Syiarkan Islam dengan Dakwah yang Mendidik Featured

Attabayyun.com-Jakarta- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, Sumatera Barat, mengimbau para ulama maupun dai untuk bisa menumbuhkan syiar Islam lewat berdakwah selama Ramadhan 1438 Hijriah.

"Karena dalam melakukan syiar Islam yang lebih efektif selama Ramadhan ini, yakni menyalurkannya lewat berdakwah, hal ini untuk membina masyarakat dalam mewujudkan kualitas beragama yang lebih baik," kata Ketua MUI Kota Padang Duski Samad di Padang, Rabu.

Namun dalam berdakwah, kata dia, ada beberapa hal perlu diperhatikan supaya terhindar dari isu antar-golongan tertentu (Sara) yang dapat memecah-belah kerukunan umat.

Ia berharap perlu ada kesamaan pandangan dan penyatuan visi dalam gerakan membina umat yang disajikan dengan penyampaian syiar Islam bersifat mendidik serta mengembangkan pengetahuan umat.

"Pembinaan dan pendidikan keagamaan perlu menjadi isu terpenting dalam dakwah setiap ulama, ketika ingin menyampaikan ceramah atau pesan-pesan kepada masyarakat di bulan Ramadhan," sebutnya.

Ia mengatakan, dengan adanya satu misi ini, diharapkan isi dakwah bisa benar-benar menjadi pedoman dan bahan rujukan umat Islam dalam menjalankan semua perintah-Nya.

Selain itu, ia menegaskan yang terpenting, yakni dalam penyampaian dakwah tersebut harus berpedoman dengan tiga semangat dakwah. "Dakwah Islam rahmatan lil alamin, ummatan wasthan, dan subulus salam," katanya.

Ia menjelaskan dakwah yang berisikan ajaran agama Islam yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta, umat pertengahan, dan Islam yang membawa jalan kedamaian.