×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 752
Bertemu Raja Salman di Istana Negara, Hanya 3 Tokoh Islam Yang Berkesempatan Sampaikan Pendapat - Foto by Google Bertemu Raja Salman di Istana Negara, Hanya 3 Tokoh Islam Yang Berkesempatan Sampaikan Pendapat - Foto by Google

Bertemu Raja Salman di Istana Negara, Hanya 3 Tokoh Islam Yang Berkesempatan Sampaikan Pendapat

Attabayyun.com-Jakarta- Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh Islam di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis, 2 Maret 2017. Dalam pertemuan yang dipimpin Presiden Joko Widodo itu, hanya 3 tokoh Islam yang berkesempatan menyampaikan pandangannya ke Raja Salman.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan 3 tokoh Islam itu adalah KH Ma'ruf Amin mewakili Majelis Ulama Indonesia sekaligus Nahdlatul Ulama, Yunahar Ilyas dari Muhammadiyah, dan Habib Luthfi bin Yahya dari Pekalongan. Pembatasan tiga tokoh itu dilakukan karena pertimbangan waktu.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 20 menit itu, ketiga tokoh menyampaikan beberapa tanggapannya atas kedatangan Raja Salman ke Indonesia.

"Intinya mereka menyampaikan rasa syukur atas kehadiran Raja Salman dan berterima kasih atas kerja sama dan perhatian yang luar biasa yang telah diberikan pemerintah Saudi pada Indonesia," kata Lukman seusai pertemuan di Istana Merdeka, Rabu, 2 Maret 2017.

Selain itu, ketiga tokoh juga memberikan beberapa harapan terkait hubungan antara Indonesia dan Arab Saudi. Mereka berharap hubungan kedua negara dapat lebih ditingkatkan. Harapan lain adalah soal peningkatan kualitas penyelenggaraan haji.

"Mudah-mudahan Indonesia masih bisa mendapatkan kuota mengingat animo yang begitu besar masyarakat Indonesia untuk berhaji," kata Lukman.

Tanggapan ketiga tokoh itu disampaikan setelah Jokowi dan Raja Salman memberikan sedikit sambutannya. Lukman menyatakan tidak ada dialog setelah ketiga tokoh Islam itu menyampaikan pandangannya karena sedari awal Raja Salman memang ingin mendengarkan.

"Memang tidak ada dialog, karena beliau sudah tidak muda lagi, jadi dari sisi waktu juga beliau perlu istirahat," kata Lukman.

Namun, dalam sambutan di awal pertemuan, kata Lukman, Raja Salman menyatakan sangat senang bisa bertemu tokoh-tokoh Islam Indonesia.

Pertemuan Raja Salman dilakukan setelah pemimpin Kerajaan Arab Saudi itu melakukan kunjungan ke Masjid Istiqlal, Jakarta. Dari undangan yang beredar di kalangan wartawan, ada 36 nama tokoh Islam yang diundang bertemu Raja Salman.