×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 752
Momen Kebersamaan Jokowi dan Raja Salman di Istana Bogor - foto by youtube Momen Kebersamaan Jokowi dan Raja Salman di Istana Bogor - foto by youtube

Momen Kebersamaan Jokowi dan Raja Salman di Istana Bogor Featured

Attabayyun.com-Jakarta- Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Keduanya tampak akrab dalam pertemuan itu.

Banyak momen kebersamaan antara keduanya. Begitu tiba di Istana Bogor, keduanya terpaksa basah karena hujan deras yang mengguyur kawasan Bogor. Bahkan setelan jas yang dikenakan Jokowi tampak basah kuyup. Jokowi juga terlihat memayungi Raja Salman bahkan menggandeng tangganya.

Momen Kebersamaan Jokowi dan Raja Salman di Istana BogorFoto: Biro Pers - Setpres

Jokowi memaknai hujan yang mengguyur dan memabasahi dirinya itu sebagai berkah dalam hubungan antar kedua negara.

"Hujan lebat menyambut Raja Salman bin Abdulaziz di Istana Bogor. Setiap tetes hujan adalah berkah dari Allah SWT. Semoga pertemuan ini menjadi berkah bagi Indonesia dan Arab Saudi," kata Jokowi lewat akun Facebook resminya Presiden Joko Widodo @jokowi.

Setelah tiba dan disambut, Raja Salman diajak Jokowi melihat sekitar Istana Kepresidenan Bogor. Jokowi mengajak Raja Salman berkeliling menggunakan mobil golf yang disopiri sendiri oleh Jokowi.

Jokowi berada di sisi kiri dan memegang kemudi. Jokowi membawa Raja Salman mengelilingi bundaran depan Gedung Induk Istana Bogor, berputar melewati bagian sayap kanan belakang Istana.

Jokowi kemudian menjamu Raja Salman dan rombongan untuk makan siang bersama. Kesempatan itu diabadikan Jokowi dengan merekam video blog (vlog) secara pribadi.

Vlog tersebut kemudian diunggah Jokowi ke akun media sosial Facebok miliknya, Presiden Joko Widodo @jokowi, Rabu (1/3). Video yang diunggah itu berdurasi 2 menit 27 detik dengan keterangan; #JKWVLOG Jamuan Makan Siang Bersama Raja Salman.

Di vlog itu, Jokowi tampak mengabadikan momen makan siang di salah satu ruang di Istana Kepresidenan Bogor. Terdengar lantunan musik khas Sunda mengiringi jamuan makan siang itu.

<iframe width="718" height="325" src="https://www.youtube.com/watch?v=qGLmisC4L6o" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

"Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saat ini saya sedang bersantap siang dengan Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. Beliau baru makan," kata Jokowi yang tampak mengenakan setelan jas warna hitam lengkap denga peci warna hitam.

Jokowi mengatakan, kunjungan Raja Salman ini merupakan kunjungan balasan saat dirinya berkunjung ke Arab Saudi pada 2015 lalu. "Saat itu saya menyampaikan undangan agar beliau Sri Baginda Raja Salman bisa berkunjung ke Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi kemudian meminta Raja Salman untuk berbicara di vlognya itu. Raja Salman pun bersedia. Raja Salman mengucapkan kata-kata dengan bahasa Arab yang kemudian diterjemahkan oleh salah seorang staf dari Kementerian Luar Negeri RI.

"Saya sangat senang sekali saat ini berada di Indonesia, senang dengan rakyat Indonesia. Dan saat ini saya dengan Yang Mulia Presiden Indonesia. Dan bagi kami, rakyat Indonesia merupakan saudara kami dan juga rakyat yang sangat mulia," kata Raja Salman.

Jokowi pun terseyum mendengar testimoni Raja Salman itu.

Di penghujung pertemuan, keduanya tampak semakin akrab. Jokowi dan Raja Salman terlihat saling bergandengan tangan saat hendak menuruni anak tangga keluar dari gedung Istana Kepresidenan Bogor.

Jokowi mengenakan setelan jas hitam dengan peci warna senada. Sedangkan Raja Salman mengenakan jubah warna putih (thawb), dibalut dengan lapisan jubah khas Arab berwarna cokelat dengan garis pinggiran berwarna emas (bisht). Raja Salman juga mengenakan sorban warna merah dan putih. Raja Salman memegang tongkat di tangan kanannya.

Keduanya bergandengan tangan saat menuruni anak tangga Gedung Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Tangan kanan Jokowi menggenggam tangan kiri Raja Salman. Mata Jokowi menjurus ke anak tangga, sementara penglihatan Raja Salman mengarah ke depan.

Setelah itu, Jokowi melepas keberangkatan Raja Salman untuk beristirahat di Hotel Raffles, Jakarta.

 

(Detik)