10 Ribu Aparat Amankan Raja Arab

10 Ribu Aparat Amankan Raja Arab

Attabayyun.com-Jakarta- Sebanyak 10 Ribu personel gabungan TNI Polri bakal dikerahkan buat mengamankan kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud ke Indonesia. Ribuan personel itu bakal disebar ke Jakarta, Bogor, dan Bali.
 
Wakil Kapolri Komjem Syafruddin mengatakan, pada tiga hari pertama kunjungan di Jakarta dan Bogor, pengamanan melibatkan 4252 personel. Sebanyak 2000 personel berada di Jakarta dan sekitar 2252 personel di Bogor.
 
"(Pengamanan) di Bali lebih besar, karena delegasi dan rombongan cukup besar. Kita menyiapkan 5000 unsur-unsur pengamanan," kata Syafruddin di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 27 Februari 2017.
 
Sebelumnya, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi, telah bertemu dengan kepolisian untuk membicarakan rencana pengamanan tersebut.
 
"Saya sudah menjelaskan rencana pengamanan itu (kepada Dubes Arab Saudi) secara detail dan spesifik. Insya Allah rencana kunjungan ini berjalan baik demi hubungan baik dengan Saudi Arabia," ujar Syafruddin.
 
Raja Arab berencana mengunjungi Tanah Air pada 1-9 Maret 2017 dengan membawa rombongan sekitar 1500 orang, termasuk di antaranya 10 menteri dan 25 pangeran. Agendanya,  Salman berada di Jakarta dan Bogor pada 1-3 Maret untuk membicarakan beberapa kerja sama antarnegara.
 
Sisa waktu akan dimanfaatkan untuk berlibur ke Bali. Kedatangan Salman bersejarah mengingat kunjungan terakhir Raja Arab Saudi ke Indonesia pada 1970.