Majelis Pakistan dan Parlemen Iran Sepakat Menjaga Persatuan Dunia Muslim

Majelis Pakistan dan Parlemen Iran Sepakat Menjaga Persatuan Dunia Muslim

Attabayyun.com-Jakarta- Pembicara dari majelis kecil, Parlemen Pakistan menegaskan, Republik Islam Iran memiliki peran yang berpengaruh terhadap dunia Muslim. Karenanya, Iran tidak hanya dipandang sebatas negara sahabat. Mereka pun sepakat untuk merawat persatuan dunia Muslim.

"Tidak hanya mempertimbangkan Iran sebagai negara sahabat, juga tetangga yang sangat penting, tapi juga kami melihat Iran sebagai negara yang sangat berpengaruh terhadap dunia Muslim," kata Ketua Majelis Nasional Pakistan, Sardar Ayaz Sadiq di Islamabad pada Jumat lalu.

Sardar Ayaz ketika itu berbicara di dalam sebuah pertemuan yang dihadiri anggota senior parlemen Iran, Alaeddin Boroujerdi. Selama pertemuan, Sardar Ayaz dan Boroujerdi menegaskan, persatuan dan kesatuan bagi seluruh dunia Islam perlu dirawat dan dilesatarikan. Tujuannya untuk menggagalkan skema yang memecah belah Muslim.

Boroujerdi adalah ketua komite parlemen Iran di bidang keamanan nasional dan kebijakan luar negeri. Dia datang ke Pakistan pada Rabu pekan lalu. Selama tiga hari kunjungannya, Boroujerdi bertemu dengan para pejabat senior Pakistan.

Sebagaimana dilansir dari Presstv pada Sabtu (28/1), Boroujerdi menyampaikan undangan dari Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani untuk beberapa pejabat senior parlemen Pakistan. Mereka diharapkan datang mengunjungi Iran. Peran Boroujerdi juga sangat dihargai dalam mewujudkan persatuan dan konvergensi negara-negara Muslim.